Tidak Memiliki Teman = Antisosial?

Tidak Memiliki Teman = Antisosial?
Semakin bertambahnya usia, kamu akan semakin mengerti, hubungan pertemanan seperti apa yang sebenarnya kamu butuhkan. Bukan selalu soal kemana dengan siapa atau nongkrong dimana dengan uang berapa, tapi lebih kepada bagaimana hubungan itu bisa tidak memberimu ikatan apapun.
Semakin dewasa kamu akan semakin tahu, bahwa kamu sebenarnya lebih nyaman ngobrol dengan orang-orang yang satu frekuensi denganmu dari pada dengan teman-temanmu. Kamu lebih membutuhkan obrolan berkualitas dengan orang-orang baru. Sedangkan teman-temanmu, mereka hanyalah tempat untuk kamu meluapkan emosi atau sekedar pemberi hiburan.
Kamu sebenarnya bosan berteman dengan mereka, karena kamu mulai merasa bahwa waktumu terbuang sia-sia hanya untuk "balas budi" yang tidak ada habisnya. Begitu juga dengan mereka. Kalian sebenarnya mulai merasa risih jika harus selalu merencanakan waktu bersama hanya untuk bersenang-senang atau menghabiskan uang. Hanya saja kalian sudah terlanjur dekat sampai-sampai tidak enak hati untuk mengatakan yang sebenarnya.
Di lain waktu, kamu hanya ingin sendiri tanpa diganggu oleh siapapun, tapi tiba-tiba temanmu telfon dan merencanakan waktu untuk berkumpul. Kamu tidak bisa menolak karena alasan pertemanan.
Pahamilah, hubungan itu telah mengikatmu!
Di usiamu sekarang ini, kamu lebih membutuhkan jenis hubungan pertemanan tanpa ikatan. Teman hanyalah istilah untuk menggambarkan kepentingan diantara dua orang atau lebih. Dan saat ini, hal terpenting bagimu adalah membangun relasi dengan siapapun untuk membuka peluang-peluang baru dalam hidupmu. Entah itu karir, pasangan, sosial, atau yang lainnya. Definisi teman yang tepat untukmu saat ini adalah mereka yang bisa menjadi jembatan pertolongan untuk kebutuhanmu. Begitu juga sebaliknya. Kamu pun perlu menjadi teman yang bisa diandalkan ketika dibutuhkan. Kamu adalah teman tetanggamu, kamu adalah teman saudara-saudaramu, kamu adalah teman orang baru yang tidak kamu kenal, dan kamu juga teman orang-orang yang membutuhkanmu pada situasi tertentu.
Sudah saatnya kamu mengakui dan meninggalkan cara kerja "teman lama"mu. Karena semakin dewasa, kamu akan memerlukan semakin banyak waktu untuk sendiri dan menyadari, bahwa berteman hanyalah istilah yang digunakan untuk berbuat baik kepada orang-orang yang membutuhkanmu, bukan selalu ada dalam situasi bagaimanapun hanya untuk orang tertentu.